Membangun Reputasi Perusahaan yang Kuat: Sinergi Antara Public Relations dan Human Resources
Di dunia bisnis yang semakin kompetitif, reputasi perusahaan tidak hanya bertujuan untuk membangun kepercayaan konsumen, tetapi juga untuk membangun citra perusahaan yang baik di kalangan pencari kerja. Divisi Public Relations (PR) dan Human Resources (HR), memiliki fungsi yang berbeda namun keduanya memiliki peran penting dalam membangun dan mempertahankan reputasi perusahaan.
Setiap perusahaan tentunya memiliki budaya perusahaan yang telah dibangun, juga beragam program HR seperti employee engagement, reward, dan lainnya. Rekrutmen dan retensi karyawan juga menjadi hal yang penting bagi HR untuk menjaring talenta terbaik bekerja di perusahaan.Tentunya HR perlu didukung oleh PR untuk mengomunikasikan budaya perusahaan dan program yang dijalankan oleh HR.
Peran PR penting untuk mengomunikasikan secara internal untuk meningkatkan retensi karyawan, serta eksternal untuk membangun reputasi perusahaan dan kepercayaan publik, khususnya para calon karyawan.
Mengelola Platform Komunikasi yang Efektif
Penting bagi perusahaan untuk membangun presence di media sosial. Contohnya, beberapa perusahaan dan organisasi memiliki dua akun Instagram khusus brand dan employer branding. Akun Instagram khusus employer branding penting untuk dikembangkan, terutama mengomunikasikan informasi tentang budaya perusahaan, program HR, dan rekrutmen, untuk menunjukkan bahwa perusahaan adalah tempat yang baik untuk bekerja. Media sosial lainnya seperti LinkedIn dan website resmi perusahaan juga bisa digunakan untuk membangun reputasi perusahaan di mata para profesional dan pencari kerja.
Publikasi di Media Massa
Salah satu stakeholder utama bagi PR adalah media massa, perusahaan juga masih membutuhkan publikasi di media untuk membangun kepercayaan publik. Akan cukup tricky bagi PR untuk mengomunikasikan budaya perusahaan dan program HR yang elemen brand-nya sangat kuat ke media. Peran PR adalah bagaimana membangun narasi yang menarik dan memiliki news value bagi media.
Seperti yang dilakukan AsiaPR dengan Daewoong Pharmaceutical, perusahaan farmasi asal Korea Selatan, di mana Daewoong sedang gencar mencari talenta terbaik Indonesia untuk bekerja di perusahaan tersebut. Salah satunya kegiatan PR yang dilakukan adalah mengundang media televisi (TV) Indonesia berkunjung ke Korea, untuk melihat serta berdiskusi langsung dengan divisi HR dan talenta Indonesia yang bekerja di Daewoong. Terdapat 120 talenta Indonesia yang bekerja di Daewoong, Korea, tentunya menarik bagi media untuk membahas dari sisi tujuan perusahaan mencari sebanyak-banyaknya talenta terbaik dan mengetahui bagaimana treatment yang diberikan oleh perusahaan kepada talenta Indonesia. Dengan kegiatan tersebut, akan menjadi salah satu usaha perusahaan membangun reputasi dan kepercayaan para pencari kerja untuk bergabung dan bekerja di Daewoong.
Jadi, kolaborasi antara PR dan HR sangat penting untuk menciptakan reputasi yang kuat dan berkelanjutan. Sinergi ini bukan hanya meningkatkan citra perusahaan, tetapi juga menarik perhatian para profesional dan pencari kerja.
Penulis:
Aprilia Kusumaningtyas